Akses Semakin Mudah, Bekasi Pilihan Tepat Untuk Investasi - Artikel - What's On - Metropolitan Park Apartment | The First Compact City in Bekasi
Akses Semakin Mudah, Bekasi Pilihan Tepat Untuk Investasi
24/07/2018

Metropolitanpark.com, Bekasi – Semakin padatnya Ibukota Jakarta, harga properti di kota tersebut juga semakin tinggi. Faktor keterbatasan lahan yang menjadikan Kota Jakarta ini menjadi alasan mengapa harga tanah di  kawasan tersebut semakin lama semakin melambung. Hal inilah yang membuat penduduk kaum urban Jakarta lebih memilih untuk tinggal dan investasi properti di kota penyangganya, seperti Bekasi.

Lantaran tumbuh ke atas melalui pembangunan apartemen, perkantoran dan gedung bertingkat lainnya pun membutuhkan investasi yang tidak kecil. Pilihannya pun semakin ke pinggir Kota Jakarta meliputi Bintaro, Cibubur, BSD, Bekasi dan Depok. Harga lahan dan properti di sana pun sudah melesat tinggi. Kawasan pinggiran Jakarta jelas jadi daya tarik utama pengembang properti. Ini tidak lepas dari tingginya kebutuhan hunian para pekerja Ibu Kota. Ketika harga hunian di Jakarta sudah tidak bisa terjangkau masyarakat kebanyakan, tentu mereka mengincar daerah pinggiran seperti yang telah disebutkan.

Nah, untuk Kota Bekasi ini sedang tenar-tenarnya bahkan hingga ke wilayah Cikarang. Lihat saja, banyak pengembang di daerah Bekasi yang sedang gencar-gencarnya membangun berbagai hunian vertikal yang nantinya akan ditawarkan ke pendatang baru dari berbagai wilayah termasuk Jakarta.

Maraknya pembangunan pemukiman di Bekasi tersebut didukung juga oleh pembangunan infrastruktur yang sedang digenjot oleh pemerintah kota Bekasi untuk menghadirkan kota yang lebih mapan dan maju dari kawasan penyangga Jakarta lainnya seperti Tangerang. Mulai dari akses jalan tol, kereta listrik yang kini sampai Stasiun Cikarang hingga pembangunan LRT (Light Rail Transit) dan kereta cepat Jakarta-Bandung semakin menambah daya tarik kawasan Timur Jakarta.

Apalagi pembangunan LRT kini menambahkan aksesnya ke kawasan Bekasi bagian Selatan yang sebelumnya hanya punya pintu tol. Dengan kemudahan akses tersebut tentunya membuka peluang untuk para pengembang properti dalam melakukan pengembangan kota Bekasi bagian Selatan.


Selain kawasan Bekasi Selatan, kawasan yang dekat dengan jalan tol yang sedang dibangun tersebut juga sudah terasa gairahnya. Seperti contohnya kawasan Bekasi Utara, di koridor Kaliabang, kini sudah mulai berkembang apartemen khusus untuk kalangan menengah ke atas sepertiMetropolitan Park Apartment. Kawasan Bekasi Utara ini semakin berkembang terdorong oleh infrastruktur yang semakin bagus. Bisa dikatakan kawasan ini memang kantong hunian menengah bawah, akan tetapi sekarang mulai naik kelas dan pasarnya pun semakin meluas.

Kaliabang lebih cepat berkembang, sebab letaknya sangat dekat dengan Kota Bekasi, stasiun, dan Summarecon Bekasi yang merupakan ikon hunian menengah atas di Bekasi. Konsumen dari luar kawasan semakin ramai melirik kawasan ini. Terlebih harganya yang terbilang masih wajar, tak murah juga tak mahal. Efeknya kawasan yang sudah cukup padat akan semakin padat. Sehingga, perkembangan inilah yang akan memicu faktor pertumbuhan lainnya seperti fasilitas dan area komersial di kawasan.

Kemudahan akses juga menjadi faktor utama mengapa orang-orang lebih memilih Kota Bekasi untuk melakukan investasi. Ya investasi properti masih menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat. Sebab setiap tahunnya harga properti mengalami kenaikan. Begitu juga yang terjadi di kawasan Bekasi ini. Daerah ini masih bisa dijadikan untuk investasi properti, hal ini karena harga properti di kawasan tersebut masih bisa terjangkau.

Kini, Bekasi juga sudah terintegrasi dengan berbagai akses transportasi. Seperti Commuter Line, Transjakarta hingga Light Rail Transit (LRT) yang saat ini tengah dibangun. Seperti kita ketahui, yang menjadi permasalahan banyak orang sejak dahulu adalah akses transportasi ke Bekasi yang sangat sulit. Namun, kini Bekasi semakin berkembang dengan memberikan akses yang mudah untuk penghuninya. Sehingga dengan banyaknya akses transportasi tersebut maka orang tidak lagi memandang Bekasi sebagai daerah yang sulit untuk dijangkau.

Jadi, permasalahan yang dari dulu menahan Bekasi untuk tumbuh kini telah terselesaikan. Dengan banyaknya akses transportasi tersebut maka kini Bekasi tidak lagi dipandang sebelah mata oleh semua orang karena susah untuk dijangkau. Artinya, saat ini jarak bukanlah masalah lagi karena kini Bekasi mudah di akses.

Hal inilah yang kini menjadikan Bekasi sebagai kota yang layak untuk berinvestasi. Selain kemudahan akses tersebut, kelebihan Bekasi ini bisa dilihat dari sektor propertinya. Di mana dibandingkan dengan kota penyangga Jakarta lainnya seperti Tangerang, yang kini telah mengalami kenaikan harga properti, Bekasi memiliki harga properti yang terbilang masih ramah di kantong.

Selain itu, pertumbuhan yang terjadi di kawasan industri Cikarang disinyalir sebagai pemacu berkembangan pesatnya sektor properti di kawasan timur Jakarta. Tidak heran jika kini Cikarang memiliki akses yang mudah serta infrastruktur teranyar yang mampu menjadikannya semakin menarik di mata para investor.

Setelah di telisik lebih jauh, ternyata setidaknya terdapat beberapa faktor yang menjadi keunggulan dan potensi Cikarang, khususnya dari kacamata properti seperti sebagai kawasan emergin district, harga hunian yang terjangkau, akses yang terus berkembang, pertumbuhan bisnis, perkembangan penduduknya, banyaknya tenaga kerja asing dan juga kebutuhan produk yang berkualitas.

Potensi tersebut memberi banyak pengaruh khususnya mendorong tingginya kebutuhan akan hunian bagi para pekerja di Kawasan Industri Cikarang.Hal ini juga yang mendorong sejumlah developer untuk membangun hunian sesuai kebutuhan dan selera pasar. Dari sisi keuntungan, pertumbuhan harga residensial seperti rumah tapak dan apartemen yang ada di Cikarang bisa mencapai 10% sampai 20% per tahun.(ES)